Langsung ke konten utama

Pengetahuan | 8 Simbol Tuhan

Api
"Sebab Allah kita adalah api ..." Ibrani 12:29

Tuhan itu kayak api maksudnya Dia bukan Tuhan yang suka diam. Dia itu Tuhan yang aktif. Coba aja liat di Kejadian, gimana aktifnya Dia bikin dunia en isinya, ato di Keluaran, gimana Dia aktif ngurusin bangsa Israel, ato di kitab Injil, gimana aktifnya Dia membebaskan manusia. Makanya ga salah kalo Dia pake api buat melambangkan diriNya. 

Singa
“Singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud” Wahyu 5: 5

Siapa sih yang nggak kenal singa, si raja hutan? Sekali 'auum' semua binatang pada takut. Nah sama kayak singa yang dikenal sebagai raja hutan, Tuhan kita juga dikenal sebagai raja. Cuman bedanya kerajaan Tuhan bukan segede hutan kayak 'kerajaan'-nya singa. Kerajaan Tuhan itu seluruh dunia, bung .

Anak domba
"Lihatlah Anak Domba Allah, yang membebaskan dosa dunia." Yohanes 1:29

Di Perjanjian Lama, anak domba dipake buat jadi korban pengampunan dosa. Tiap orang yang udah bikin dosa, mesti bawa satu anak domba buat dikorbanin, biar Tuhan nggak marah sama dia. Nah di jaman Perjanjian Baru, anak domba itu udah nggak perlu lagi, soalnya Yesus udah ambil alih tugasnya anak domba itu. Dia dikorbanin sebagai korban tebusan buat semua orang yang bikin dosa. Makanya Yesus sering disebut Anak Domba Allah.

Orang tua di tahta
"... Duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba ” Daniel 7: 9

Simbol Tuhan yang satu ini emang agak kurang terkenal. Di Alkitab juga cuman sekali-sekali Tuhan nunjukkin diriNya sebagai orang tua di tahta itu di kitab Daniel. Nggak ada lagi di buku yang lain. Tapi dengan ngegambarin diriNya sebagai orang tua di tahta, Tuhan mo kasih liat kalo Dia itu Tuhan yang eksis. Biar Dia udah ada sejak jaman dunia belum ada (kebayang dong mengingat 'tua'nya Tuhan kita), Dia masih eksis sampe sekarang. Buktinya di kitab Daniel aja Dia digambarin masih memerintah sebagai raja (biar udah tua juga).   

Matahari
"Sebab TUHAN Allah adalah matahari " Mazmur 84:12

Pernah dengar kalo Tuhan dilambangin sebagai matahari? Agak jarang ya. Tapi Dia emang menyatakan diriNya sebagai matahari. Sama kayak matahari yang terima kasih kehidupan sama kita-kita yang ada di bumi, Tuhan juga terima kasih kehidupan sama kita semua yang percaya sama Dia Makanya nggak salah deh kalo Dia pake matahari buat gambarin diriNya.

Bapa
“Allah, Bapa kita ”Roma 1: 7

Di Perjanjian Baru, Tuhan sering nyatain diriNya sebagai bapa. Ini nunjukkin Sifat Tuhan yang penyayang, pemelihara, terus kayak bapa (ayah) di dunia. Yang disebut ayah itu 'kan emang tugasnya, dilindungi, dipertahankan pertanggungan. Nah seperti Tentang Tuhan kita. Dia yang akan berhasil, dilindungi dan menjagai kita. 

Merpati
“Namanya ... Raja Damai ” Yesaya 9: 6

Waktu Yesus dibaptis sama dengan Yohanes Pembaptis, turunlah Tuhan ke atas Nya dalam bentuk burung merpati. Di mana-mana, di seluruh dunia orang suka pake burung merpati sebagai lambang perdamaian. PBB aja pake merpati sebagai lambang perdamaian. Makanya nggak salah kalo Tuhan juga pake burung merpati buat ngelambangin diriNya, soalnya Dia juga 'kan disebut' Raja Damai '. 

Rajawali
"Laksana rajawali ... demikianlah TUHAN" Ulangan 32: 11-12

Tuhan sering pake rajawali buat gambarin diriNya karena emang ada banyak setuju antara Dia dengan rajawali. Contohnya, gimana tajamnya mata rajawali liat mangsa, sama tajamnya sama mata Tuhan yang liat kita. Cepatnya rajawali menyambar mangsa, sama dengan cepatnya Tuhan menolong kita. Tingginya rajawali bikin sarang juga sama dengan tinggi Tuhan kita punya 'sarang' (maksudnya Sorga). Makanya salah kalo Dia pake rajawali buat gambarin diriNya.

Sumber tulisan : http://anakmudanet.blogspot.com/2011/12/8-simbol-tuhan.html?m=1

Postingan populer dari blog ini

Mitologi Kraken, Mahluk Laut Raksasa yang Ditakuti Para Pelaut

Menurut mitologi Skandinavia,  Kraken adalah makhluk laut raksasa yang mengerikan, panjangnya bisa mencapai satu mil. Cerita-cerita umum menggambarkannya sebagai gurita yang sangat besar atau cumi-cumi yang menyerang kapal. Menurut beberapa kisah lainya, tubuhnya yang besar kerap disalahartikan sebagai pulau.  Kraken pertama kali disebutkan dalam Örvar-Oddr, kisah Islandia abad ke-13 yang melibatkan dua monster laut, Hafgufa (kabut laut) dan Lyngbakr (punggung heather). Hafgufa diyakini sebagai referensi ke Kraken. Sekitar tahun 1250, laporan lain tentang Kraken didokumentasikan dalam karya ilmiah Norwegia Konungs skuggsja. Dikatakan bahwa mereka hanya ada dua karena tidak dapat bereproduksi dan akan membutuhkan begitu banyak makanan sehingga tidak dapat bertahan hidup dalam waktu lama.  Laporan itu selanjutnya menggambarkan kebiasaan makan Kraken, mengklaim bahwa ia akan menjebak ikan di sekitarnya dengan meregangkan lehernya melalui sendawa--melepaskan makanan dari

Kata Bijak Dalam Bahasa Perancis

Tau kah kamu, Perancis adalah tempat yang sangat romantis.. Selain itu juga ada kata-kata indah yang bisa memotivasi kita, yuk kita lihat Bien faire et laisser dire Arti : Lakukan dengan baik dan biarkan mereka bicara Qui le le vent récolte la tempête Arti : Siapa yang menabur angin akan menuai badai C'est en forgeant qu'on devient forgeron Arti : Dengan tempaan, seseorang akan menjadi pandai besi Il n'y a pas de verités moyennes Arti : Tidak ada setengah kebenaran Le monde est un livre dont chaque pas nous ouvre une page Arti : Dunia adalah sebuah buku, dimana setiap langkah adalah saat kita membuka halaman On ne voit bien qu'avec le coeur Arti : Kami bisa melihat kebaikan hanya dengan hati  Bonne renommée vaut mieux que ceinture dorée Arti : Nama baik lebih baik daripada kekayaan Dans une grande âme tout est grand Arti : Dalam pikiran yang luar biasa, semuanya menjadi luar biasa À vaillant coeur rien d'impossible Arti : Untuk hati yang gagah berani, ti

2 Raja-Raja 4:1-7

MINYAK SEORANG JANDA Ada 1 orang istri yang ditinggal mati oleh suaminya dan dikejar hutang suaminya dengan ancaman anaknya akan diambil dan dijadikan budak. Tetapi janda ini tidak membiarkan dirinya putus asa tetapi justru datang kepada orang yang tepat. Dia datang kepada Elisa. Dimana Elisa adalah abdi Allah. Abdi Allah adalah perpanjangan mulut Allah. Pada saat janda tersebut mendatangi Elisa, Elisa pun berkata di ayat 2: Jawab Elisa kepadanya: “Apakah yang dapat ku perbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kau punya dirumah.”. Berkatalah perempuan itu: “Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun dirumah, kecuali buli-buli berisi minyak.” Tuhan bisa melakukan segala mujizat dari apa yang ada pada kita, bukan dari yang tidak kita punyai. Seperti pada janda ini, Tuhan melakukan mujizat melalui buli-buli minyak yang ia punya. Meskipun tampaknya kecil atau sedikit tapi Tuhan bekerja melalui hal itu. Seperti mujizat yang terjadi tentang 5 roti dan 2 i